Minggu, November 07, 2010

Cara Membuat Blog (Web Log) di Blogspot / Blogger

blogspot.com
Nah ini nih sob postingan saya yang paling pertama, hehe. Disini saya akan mencoba menjelaskan tutorial bagaimana membuat blog gratis dari salah satu penyedia blog yang cukup populer yaitu blogspot, khususnya untuk para pemula yang mulai tertarik dengan dunia blogging seperti saya, tetapi bingung harus memulainya dari mana. Kenapa harus blogspot? Menurut saya, sampai dengan postingan ini ditulis, kelebihan dari blogspot adalah kemudahan yang di tawarkan dari cara pengoperasiannya dibandingkan dengan penyedia lainnya. Seperti merubah template dengan mudah sesuai selera, dan lain sebagainya, sehingga saya menyarankan untuk memulainya dengan blogspot dan sobat akan mendapatkan domain dengan alamat seperti "namasobat.blogspot.com"

Untuk pertama kali, yang paling utama adalah sobat harus memiliki sebuah alamat email aktif yang akan berfungsi untuk melakukan pendaftaran di blogspot. Selain itu juga, alamat email tersebut berfungsi untuk masuk / login ke halaman dasboard sobat setelah sobat mempunyai blog dari blogspot tersebut.
Alamat email yang saya sarankan adalah dari layanan google juga yaitu gmail. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pendaftaran dengan alamat email dari penyedia layanan lainnya, tetapi nanti biasanya sobat tetap harus memverifikasinya ke google.
Setelah sobat punya dan yakin dengan alamat email yang akan sobat daftarkan untuk membuat blog, silahkan sobat langsung menuju alamat http://www.blogger.com. Atau untuk mempermudah silahkan sobat klik disini.

1. Setelah halaman formulir pendaftaran terbuka, silahkan isi semua data yang harus sobat isi.
Misalkan:
Alamat Email: Isi dengan alamat email aktif yang akan sobat daftarkan.
Ketik ulang alamat email: Masukkan alamat email tadi
Masukkan sebuah password: Isi dengan password sobat
Ketik ulang sandi: Masukkan password yang tadi
Nama Tampilan: Isi dengan nama yang ingin sobat tampilkan di profil sobat
Ulang Tahun: Isi dengan ulang tahun sobat
Verifikasi Kata: Masukkan kata yang ada dalam gambar verifikasi
Lalu centang kotak persyaratan dan layanan untuk menandakan bahwa sobat udah menyetujui semua persyaratan. Kemudian klik "lanjutkan"

2. Nah setelah ini apabila sobat melakukan pendaftaran dengan alamat email selain gmail, seperti yang udah saya sebutkan tadi, biasanya akan muncul halaman verifikasi google. Silahkan isi negara dan nomor telepon sobat, karena kode verifikasi akan dikirimkan melalui nomor telepon sobat. Lalu klik "kirim kode verifikasi ke ponsel saya". Isi kode verifikasi dengan kode yang dikirim melalui nomor telepon sobat dan lanjutkan.

3. Sedangkan apabila sobat melakukan pendaftaran dengan gmail, maka setelah mengisi formulir pendaftaran, sobat akan langsung dibawa ke halaman selanjutnya yaitu halaman untuk pemberian nama untuk judul blog dan alamat blog (URL) sobat. Silahkan sobat isi sesuai keinginan sobat.
Misalkan:
Judul Blog: fie-link
Alamat Blog (URL): fie-link.blogspot.com
(Judul Blog dengan Alamat URL tidak harus sama)
Lalu klik "lanjutkan"

4. Kemudian akan muncul halaman dengan berbagai macam template / tema halaman untuk blog sobat. Sobat bisa memilih template blog sesuai dengan selera sobat.

5. Setelah itu sobat bisa saja langsung melakukan / menulis posting pertama sobat dengan menekan tombol "Memulai Blogging".

Selamat...blog sobat udah jadi nih, mudah kan sob? Sebaiknya sebelum memposting artikel, lakukan setting terlebih dahulu untuk blog sobat. Selanjutnya silahkan lihat  mengenai penjelasan singkat tentang fungsi pengaturan / setting untuk blogspot.

Selamat berblogging ria sob, ini sekedar sharing pengalaman saya waktu mendaftar di blogspot, wuaaaahhh untuk tips lain selanjutnya, keliling-keliling aja di blog ini dulu sob, kali aja ada yang bermanfaat. Yang belum ada mudah-mudahan saya dapet lagi dan yang pasti mudeng. Kalo saya gak bisa jawab, bisa ditanya kepada para master blog...hehehehe, sampai ketemu di blog sobat nanti!!!


0 komentar:

Posting Komentar

Makasih sudah berkunjung!
Blog ini saya buat dofollow sob, jadi silahkan berkomentar!
Maaf kalo ada salah-salah kata atau ada artikel yang gak jelas..hehe. Saya mohon jangan tinggalin komentar spam ya sob :), Sobat-sobat semua adalah segalanya bagi saya untuk membangun blog ini! Dan maaf kalo komentar spam akan saya hapus / tidak akan saya tampilkan.

Daftar Isi


 

Sahabat

Pengunjung

fie-link Copyright © 2009 Template Designed by Bie Template | Edit By Fie-link