Minggu, November 07, 2010

Membuat Formulir Kontak Dengan Layanan EmailMeForm

Dalam sebuah blog pada umumnya terdapat sebuah formulir kontak untuk memudahkan para pengunjung blog agar bisa berkomunikasi dengan pemilik blog tersebut. Ini biasanya berguna sekali bagi pengunjung yang ingin bertanya, sharing, ingin bertukar link, dan lain sebagainya ataupun sekedar bertegur sapa dengan si pemilik blog (halah bahasanya..hehehe). Maka dari itu sob, buat yang menggunakan formulir kontak  kayak gini bersiaplah kebanjiran kiriman pada email Anda..hohoho.
Dalam blog saya ini, saya juga menerapkan hal yang serupa, mungkin dengan tujuan yang sama buat para pengunjung blog saya ini seperti sobat. Yang terpenting buat saya, saya ingin memperbanyak teman dan belajar berbagai pengetahuan yang positif dengan sobat semua. Silahkan sobat klik disini untuk menghubungi saya ya sob. Insyaalloh saya akan segera membalasnya kalo lagi santai..(so sibuk) haha.
Mengenai formulir kontak ini, disini saya akan berbagi bagaimana cara membuat formulir kontak gratis dari situs penyedia yang berada di luar sana yaitu dengan memakai layanan EmailMeForm, karena kebetulan saya sendiri memakai layanan ini untuk blog saya ini sob. Sebenarnya ada juga yang pakai google docs dan yang lainnya, tapi kebeneran pas waktu pertama googling nemunya yang pake EmailMeForm ini, ya sudah ta' pake aja cara ini. Mudah-mudahan nanti ada waktu buat mempelajari yang lain.
Khususnya buat sobat yang belum tau nih, langsung di coba-coba sob....

Yang perlu sobat lakukan disini adalah:

1. Silahkan sobat menuju situs penyedianya yaitu http://www.Emailmeform.com atau klik disini untuk langsung daftar.

Keterangan
Username: Isi dengan Nama panggilan / Nama alias sobat.
Password: Isi sebuah password minimal dengan 4 karakter, tentunya yang mudah sobat ingat.
Retype Password: Isi dengan password yang tadi sobat ketik / samakan.
Your Email: Isi dengan Email sobat yang masih aktif.
Confirm Email: Isi dengan Email yang tadi / samakan.

Lalu centang kotak "I agree to EmailMeForm" dan klik SIGNUP

2. Akan muncul halaman baru konfirmasi pendaftaran (Signup Confirmation) sobat, yang memberitahukan agar sobat mengkonfirmasi pendaftaran lewat Email yang sobat daftarkan.

3. Login ke Email sobat yang udah sobat daftarkan tadi, lalu cek folder spam karena biasanya sebuah link konfirmasi tidak masuk ke kotak masuk mail sobat melainkan ke folder spam. Dan silahkan sobat klik sebuah pesan dengan tulisan EmailMeForm 

4. Kemudian akan muncul sebuah keterangan pesan konfirmasi untuk melanjutkan proses pendaftaran sobat. Klik link konfirmasi yang ada di dalam pesan tersebut.

5. Lalu akan muncul halaman di tab baru dari EmailMeForm dengan memberitahukan bahwa proses pendaftaran Anda telah Sukses di konfirmasi. Lalu klik tulisan "here" untuk masuk / sign in ke control panel sobat.

6. Silahkan login dengan username dan password  yang sobat daftarkan tadi. Dan Sampai di tahap ini, setelah sobat berhasil masuk pada control panel sobat, sobat sudah bisa memulai membuat formulir kontak sobat. Lihat gambar di bawah ini setelah sobat berada di halaman control panel:
Photobucket
Klik tombol "Add Form" seperti yang telah saya tandai dengan lingkaran berwarna merah!

7. Setelah muncul halaman pop-up seperti gambar dibawah ini, silahkan pilih atau klik no 1 yang muncul pada halaman pop-up tersebut.
Photobucket

8. Lalu akan terlihat halaman seperti gambar di bawah ini:
Photobucket
Pilih Contact Me Form seperti yang telah saya tandai dengan lingkaran berwarna merah tanpa panah dan langsung saja klik tombol "customize" seperti yang telah saya tandai dengan lingkaran warna merah bertanda panah.

9. Setelah itu akan terlihat halaman seperti gambar dibawah ini:
Photobucket
sobat bisa merubah judul titel di sidebar kiri (lingkaran warna merah) dengan terlebih dahulu mengklik  apa yang akan sobat rubah seperti title contact form, name, email, subject, message yang ada di sebelah kanan. Dan silahkan sobat setting semua yang ada di sidebar kiri tentunya disesuaikan dengan kebutuhan sobat. Silahkan sobat coba sendiri.

10. Selain itu sobat juga bisa menambahkan keterangan-keterangan lainnya yang harus di isi oleh pengunjung blog pada saat akan menghubungi sobat (Semua itu terserah sobat) dengan memilih tombol "Add Field". Lihat gambar di bawah ini:
Photobucket
Setelah selesai, simpan kontak form sobat dengan mengklik tombol SAVE FORM yang ada di bagian paling bawah halaman tersebut.

11. Lalu akan muncul lagi halaman pop-up seperti gambar di bawah ini, silahkan klik "Take Me Back To The Form  Manager" di no 4 pada halaman pop-up tersebut. Dan sobat akan dibawa kembali ke halaman control panel dimana sobat pertama kali masuk / melakukan login.
Photobucket

12. Coba sobat lihat, sampai tahap ini sobat telah berhasil membuat sebuah formulir kontak untuk blog sobat. Disini sobata tinggal klik "CODE" seperti contoh dalam gambar di bawah ini yang telah saya tandai dengan lingkaran berwarna merah.
Photobucket

13. Selanjutnya sobat tinggal Copy kode HTML yang ada seperti gambar dibawah ini, lalu Paste di menu HTML blog sobat.
Photobucket

Selamat sob, sobat udah berhasil membuat formulir kontak gratis dengan layanan EmailMeForm. Untuk menempatkan formulir kontak di blogspot, sobat bisa lihat tutorialnya disini.

0 komentar:

Posting Komentar

Makasih sudah berkunjung!
Blog ini saya buat dofollow sob, jadi silahkan berkomentar!
Maaf kalo ada salah-salah kata atau ada artikel yang gak jelas..hehe. Saya mohon jangan tinggalin komentar spam ya sob :), Sobat-sobat semua adalah segalanya bagi saya untuk membangun blog ini! Dan maaf kalo komentar spam akan saya hapus / tidak akan saya tampilkan.

Daftar Isi


 

Sahabat

Pengunjung

fie-link Copyright © 2009 Template Designed by Bie Template | Edit By Fie-link