Kamis, Desember 23, 2010

Cara Membuat Widget Related Post / Posting Terkait Dibawah Posting

Hai sob, udah lama gak posting gara-gara sibuk nih (sibuk main) haha..., untuk kesempatan kali ini saya mau coba berbagi cara membuat widget related post / posting terkait dibawah posting pada blogspot menurut kategori. Mungkin agak sedikit ribet dalam membuatnya sob, ditambah dengan banyaknya template gratis yang mempunyai karakter berbeda. Dicoba-coba dulu aja kali ya sob...hehe. Sebenernya udah banyak sekali para senior yang berkecimpung di dunia blog membagi tutorial tentang cara membuat widget related post rapih ini. Tapi gak ada salahnya kali ya saya share lagi di blog saya ini :)

Ok sob, langsung & singkat aja ya...

1. Udah login ke blognya sob? kalo udah langsung aja klik layout / rancangan lalu pilih edit HTML.
2. Jangan lupa back up dulu template sobat untuk menghindari kesalahan dalam pengeditan sob.
3. Kalo udah, centang kotak "Expand Widget Templates". Jangan lupa di backup dulu template nya sob.
4. Langsung cari tag </head>, seperti biasa dengan menggunakan ctrl+f biar lebih mudah sob.
5. Paste kode dibawah ini sebelum kode </head> tadi

6. Kemudian cari kode <data:post.body/>, atau untuk beberapa template lain bisa sobat cari kode <div class='post-body'> atau <data:post.body/>
7. Tambahkan kode berikut setelah kode tersebut

8.Kemudian save template, selesai dan lihat hasilnya sob...

Ket:
- Untuk mengatur banyaknya artikel terkait yang tampil, sobat bisa cari kode "max-results=5" dan ganti angka 5 sesuai dengan kebutuhan.
- Untuk tutorial nomor 7, tipe template yang sudah pakai  fasilitas readmore biasanya kode <data:post.body/> lebih dari satu. Untuk itu sobat cari kode yang sama tersebut setelah kode yang pertama.

Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar

Makasih sudah berkunjung!
Blog ini saya buat dofollow sob, jadi silahkan berkomentar!
Maaf kalo ada salah-salah kata atau ada artikel yang gak jelas..hehe. Saya mohon jangan tinggalin komentar spam ya sob :), Sobat-sobat semua adalah segalanya bagi saya untuk membangun blog ini! Dan maaf kalo komentar spam akan saya hapus / tidak akan saya tampilkan.

Daftar Isi


 

Sahabat

Pengunjung

fie-link Copyright © 2009 Template Designed by Bie Template | Edit By Fie-link